Sabtu, 25 Maret 2017

Spensa 65 On Vacation!

Hai Guys, kali ini aku bakalan ceritain pengalamanku selama Study Tour di Bandung kemarin.

Kemarin Sabtu, tanggal 11 Maret seluruh kelas 8 pergi ke Bandung untuk Study Tour 'Spensa 65 On Vacation'. Disana kita selama 4 hari. Kita berangkat dari Wonosari sekitar jam 3 sore. Di bis, aku duduk dengan Grace. Diperjalanan, banyak kejadian seperti ada yang muntah, mabuk, sampe nyanyi nyanyi. Malamnya jam 7 malam kita singgah sebentar di Rumah Makan 'Candisari'. Disana kita makan malam dan sholat bagi yang beragama islam. Sekitar jam 8 malam kami melanjutkan perjalanan ke Bandung.

Sekitar jam 4 pagi seharusnya di jadwal kita sampai di Bandung. Memang nyatanya kami sampai di Bandung sekitar jam 4 tapi di Rancaekek kita terjebak macet karena banjir. Hampir 4 jam kami menunggu di dalam bis. Ada kejadian lucu saat macet, temen kelas lain, Annas dan Nafis pergi ke toilet. Kebetulan ada SPBU di dekat sana. Nah mereka berdua itu gak ijin langsung main keluar aja dari bis. Saat kemacetan mulai bisa diterobos (ciah bahasanya), Annas dan Nafis belum balik. Akhirnya salah satu guru bilang 'Udah ditinggal aja, biarin mereka lari'. Dan beberapa laki laki yang duduk di belakang melihat kondisi Annas dan Nafis. Ternyata mereka sedang lari dari SPBU. Dan beberapa saat kemudian bis berhenti lagi karena macet lagi. Annas dan Nafis langsung masuk dan diinterogasi temen temen di bis. Kaya 'Elu ngapain aja?' 'Tidur elu di kamar mandi?' Itu menimbulkan tawa seisi bis. Setelah lepas dari kemacetan, kami pergi ke 'Rumah Makan Grafika Cikole' disana kami mandi dan 'sarapan'. Kenapa kuberi petik? Karena kita 'sarapan' sekitar jam 11. Setelah mandi dan makan, kami pergi ke tempat wisata pertama, Taman Bunga Begonia.

Taman Bunga Begonia, pastinya taman yang dipenuhi bunga Begonia. Tapi disana gak cuma bunga Begonia, tapi ada berbagai jenis bunga yang semuanya aku ngga tahu namanya. Disana juga ada kebun sayur. Di kebun sayur, kita bisa petik sayur yang ada disana, tapi dengan membayar sesuai ketentuan. Banyak objek menarik yang bisa kita pakai untuk foto kayak :

Setelah dari Taman Bunga Begonia sekitar jam setengah satu, kita makan siang di 'Rumah Makan Sukahati'. Agak cepet ya antara makan siang dan 'sarapan'... Oke balik ke topik, disana kita makan siang sekaligus melaksanakan sholat bagi yang beragama Islam.

Dari Rumah Makan Sukahati, kita ngelanjutin perjalanan ke Farmhouse Lembang. Sebelum masuk ke Farmhouse kita dapet Voucher yang bisa dituker susu. Nah nuker susunya bisa milih salah satubrasa antara Coklat dan Stroberi. Aku sih milih coklat. Nah kaya gini bentuk susunya.

Disana juga banyak spot foto yang bisa kita pake buat foto foto. Kita juga bisa pake baju ala ala penduduk Belanda jaman dulu gitu. Tapi karena waktu kita cuma sejam jadi gak ada yang nyoba. Spot foto yang banyak dipake adalah didepan gembok gembok cinta (kaya yang ada di Eiffel dan Namsan Tower gitu). Ada juga yang foto di depan rumah kaya punyanya Bilbo Baggins di The Hobbit (kalo ga salah Bilbo Baggins, kalo nggak ya berarti rumahnya Gandalf). Kelas kita juga sempet foto bareng ini fotonya :

(Absurd ya mukanya)

Setelah satu jam di Farmhouse, destinasi selanjutnya seharusnya adalah Museum KAA. Tapi karena macet tadi bikin kita telat 4 jam dari jadwal, museum KAA yang tutup jam 4 pun nggak sempet kita datangi. Akhirnya kita melanjutkan ke destinasi terakhir di 'Cibaduyut'
Di Cibaduyut kita bisa cari berbagai barang dari mulai kaos, sampe tas. Disana sih aku cuma beli sepatu dan celana buat aku sendiri :v tapi temen temen cukup beragam kaya Grace, beliin sekeluarganya oleh oleh. Sayangnya kita ga bisa keliling daerah Cibaduyut karena Pintu parkirannya ditutup. Hiks... ㅠㅠ.

Setelah berbelanja ria di Cibaduyut, kita pergi ke 'Serena Hotel' buat isirahat. Sebelum istirahat, kita makan malam dulu di hotel. Setelah makan malam, kita masuk kamar masing masing untuk istirahat. Aku sekamar dengan Aida, Eca, dan Ishma. Depan kamarku kamarnya Annis, Ella, Alifia, dan Yunnisa. Masuk ke kamar hotel bukan berarti kita langsung tidur. Sebelum tidur kita mandi dulu. Nah, nentuin urutan mandinya dengan hompipah dan aku kebagian mandi kedua. Setelah semuanya mandi, kebetulan tadi aku sama Aida sempet cari Indomaret dan beli mie cup (masih kelaparan :v). Eca dan Ishma juga ikut kepingin dan akhirnya mereka keluar, cari Indomaret di sekitar hotel, tapi akhirnya mereka pulang pulang malah bawa nasi goreng. Selesai makan makan itu tadi, kita ga langsung tidur tapi nonton drama korea yang tayang di TVn yaitu 'Chesee In Trap'. Sambil nonton, grup Whatsapp kelas masih rame. Ternyata belum pada tidur. Akhirnya, setelah jam 02.00 KST (Karena hp yang hidup tinggal punya Aida dan jamnya diatur KST atau jamnya KorSel dan itu GMT +9.00 jadi ketambahan 2 jam) kita semua memutuskan untuk tidur.

Paginya, kita terbangun. Jam 5 pagi kita, (tepatnya cuma aku karena yang lain udah bangun dari tadi jam setengah empat) mandi dan siap siap ke destinasi selanjutnya. Kita dah siap, dah mandi, udah beres beres, tinggal turun ke bawah buat sarapan. Kita juga ngecek kamar depan, semua dah rapih, padahal itu baru jam 6 lebih dikit, sedangkan kita berangkat jam 8 pagi. Akhirnya kita jalan jalan dulu sebentar. Baru sampe depan jalan masuk Hotel, kita bingung karena tujuan kita keluar jalan jalan itu cari Indomaret. Dan akhirnya ga jadi dan kita masuk ke hotel lagi. Kita naik lagi ambil barang barang dan kita taruh di bagasi bis supaya cepet nanti ga perlu ribut masukkin barang barang. Waktu kita masuk ke hotel setelah masukkin barang ke bagasi, sarapanpun dimulai. Kita paling duluan nih sarapannya :v. Setelah itu kita masuk bis dan melanjutkan perjalanan.

Destinasi selanjutnya, museum geologi. Di museum ini ga cuma fosil fosil aja, tapi berbagai pengetahuan tentang sejarah manusia, tentang bumi dan perkembangannya, dan bagaimana bencana alam itu terjadi itu dijelaskan di Museum ini secara menarik. Kita juga sempet foto bareng tapi karena waktunya hampir habis jadinya ga jadi. Nah yang aku kagumi lainnya dari museum geologi adalah, kakak kakak pembimbing museumnya tuh cantik cantik dengan kacamata bulat yang bikin mereka tambah imut :v.

Kemudian, perjalanan kita teruskan ke Puspa IPTEK. Yang kita lihat pertama itu cuma kaya bundaran gitu tanpa ada bangunan sama sekali. Ternyata, setelah mendekati ke bundaran itu, ada bangunan rendah di sekitarnya. Nah bundaran tadi adalah Sundial atau jam matahari.

Di Puspa IPTEK ini memiliki 2 jam matahari yaitu jam matahari vertikal dan jam matahari horizontal. Jam matahari disini hanya bisa menampilkan dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Selain jam matahari, ada juga lebih dari 200 alat percobaan didalam gedung ini. Disini ada dua alat peraga yang harus didampingi staff Puspa IPTEK yaitu, sepeda gantung dan kaya semacam alat muter muter gitu. Kata mbaknya staff itu alat buat tes jadi astronot. Temen kita, Faiz dan Adnan berani mencoba alat itu. Mereka diputer awalnya hanya muter biasa tapi kemudian mereka berdua dibolak balik atas bawah kanan kiri. Setelah selesai mereka berdua berlinangan air mata. Salah satunya sempet bilang 'gila, gue pengen muntah'.

Dari Puspa IPTEK, kita jalan ke destinasi terakhir, yaitu TRANS STUDIO BANDUNG!!!. Kenapa aku capslock? Karena ini yang paling ditunggu dari seku objek destinasi kita di Bandung. Dalam perjalanan ke Trans Studio, kita dibagi makan siang dan diminta makan saat sudah sampai di parkiran Trans Studio.

Setelah kita makan, yang beragama islam segera melaksanakan sholat. Kemudian kita satu kelas masuk ke Trans Studio. Di dalam, kita langsung antusias untuk masuk dan mencoba berbagai wahana disana. Saat pertama kali masuk, kami langsung mencoba Giant Swing. Di Giant Swing kami diputar putar dari ujung kanan atas ke ujung kiri atas. Aku yang srdikit ga berani, akhirnya aku tutup mata. Sebelahku dari sekolah lain sempet teriak 'Abi! Umi!' Dan sebagainya. Setelah itu, aku sedikit terpisah dari temen temenku. Daripada bingung, kita nonton Action! Show. Nah, Action! Show ini menampilkan bagaimana film action itu dibuat. Seperti: para Stunt man yang melakukan berbagai adegan berbahaya seperti ledakan dan jatuh dari gedung tinggi. Aku kagum sama para stuntman yang melakukan adegan adegan berbahaya sampe ada yang bakar diri (maksudku pake jaket khusus gitu terus jaketnya yang dibakar)
(Jaketnya 11:12 sama yanglagi dibakar itu)

Selanjutnya kita naik Sky Pirates. Ini adalah semacam kapal yang berputar di seluruh objek Trans Studio. Selanjutnya kita masuk ke Ocean World. Nah disini kita ketemu sama rombongan kita nih. Di Ocean World, kita bisa tahu berbagai hal tentang laut. Nah disini kan ada layar interaktif yang isinya hiu lagi lewat tuh, nah di perintahnya tertulis 'coba sentuh layarnya kalau kamu berani menggangu hiu' nah temenku ada yang nyoba, beberapa saat kemudian gak terjadi apa apa dan dia 'ga kenapa napa tuh' terus tiba tiba hiunya seakan akan memcah kaca layar interaktif tersebut. Kita jalan terus di Ocean World itu. Nah diujung Oceon World ada semacam 'Fish Terapy' yang dilakukan oleh Ikan Dararupa (kalo ga salah). Rasanya tu geli geli gituh deh. Nah waktu turun dari Ocean World, tiba tiba ada Parade yang ada setiap jam 3. Paradenya judulnya 'Arrila sang Mermaid' (Kalo ga salah sih namanya itu, seingetku). Nah kita masih muter muter di situ. Sebenernya aku pengen masuk Dunia Lain tapi antriannya panjaaaaang banget. Jadinya sambil nunggu, aku cuma duduk di deket pintu keluar sedangkan beberapa temenku naik Roller Coaster. Aku 99% gak berani naik itu karena aku takut muntah :v.
Itu aku waktu nunggu temen temenku yang lagi naik Roller Coaster.

Setelah pada selesai, akhirnya kita naik ke bis masing masing.
Malamnya, saat perjalanan pulang, temen kelas sebelah Surya, mulai ngelawak ngilangin penat kita sambil nunggu kita sampe di tempat makan malam. Sampai di 'Rumah Makan Sukahati' (beda tempat loh sama yang tadi), kita makan malem dan segera melanjutkan perjalanan.

Kita mampir sebentar di Toko Oleh oleh. Aku ngga beli terlalu banyak karena males bawanya, banyak :v. Perjalanan diteruskan dan Surya mulai ngelawak bahkan nyanyi nyanyi. Aku yang jujur udah capek banget akhirnya tidur.

Pagi hari, kita sampe di tanah air tercinta, Wonosari. Sekitar jam 7 kita sampai di Wonosari dan langsung pulang ke rumah masing masing. Ini pengalaman paling Exited di masa SMP aku. Kalo temen temen berminat ke Bandung, mungkin tulisan aku ini bisa jadi rekomendasi destinasi kalian di Bandung nanti.